Cerita Orang Miskin di Kebon Jeruk, Daging Kurban ditukar Beras

Orang Miskin, Qurban, Daging Qurban, Cerita, Motivasi, Inspirasi, Renungan

Cerita orang miskin di Kebon Jeruk, daging kurban ditukar beras
tetangga acoy menyembeling hewan kurban. ©2012 Merdeka.com
Merdeka.com - Iwan Lutfi atau Acoy punya kisah sedih saat tiba hari Raya Idul Adha. Ini bukan cerita soal hidupnya, tetapi tetangga yang tinggal sama-sama di permukiman Rawabelong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Waktu itu dia mendengar ada tetangganya tidak punya uang saat Idul Adha. Karena tak punya uang, tetangganya itu akhirnya menukar daging kurban dengan beras.
"Kami ini susah makan. Ada tetangga yang karena nggak punya uang, meskipun dapat daging nggak tahu mesti dimasak pakai apa. Akhirnya dagingnya ditukar dengan beras dua liter," kata Acoy kepada merdeka.com, Jumat (26/10).

Sementara Acoy sendiri juga punya kisah menjelang Lebaran Haji. Biasanya, sehari sebelum Lebaran panitia kurban membagi-bagikan kupon untuk pengambilan daging sebanyak 1,5 Kg. Sama seperti lainnya, Acoy yang sehari-hari bekerja sebagai pemulung ini juga mendapatkan jatah kupon dari pengurus masjid.

Sayangnya, kupon yang diterima Acoy basah. Dia pasrah, apakah nanti tetap mendapatkan daging kurban atau tidak.
"Pernah kuponnya tercuci di saku celana. Karena kan kupon dibagi sebelum Lebaran. Sudah didata. Saya sudah mikir enggak bakal dapat daging karena kupon rusak. Untunglah pengurus masjid sudah kenal jadi kami tetap diberi," ujar Acoy.
Daging kurban tentu saja sangat berharga bagi Acoy dan keluarganya. Tidak setiap hari bisa merasakan lezatnya makan daging. Karena itu, saat tahu kuponnya basah dan rusak, Acoy sempat sedih.

"Saya ingin anak-anak tetap sekolah. Kadang saya nggak punya uang, saya nggak makan. Asal anak-anak bisa makan saya minum saja cukup," katanya.
Meskipun hidupnya susah, Acoy pantang baginya mengemis. "Saya masih sehat, saya bisa membuat kerajinan tangan untuk dijual. Modalnya juga cuma bahan bekas. Cuma ya pembeli kadang tidak selalu ada. Makanya juga sambil memulung plastik," paparnya.

Tapi itu cerita tahun lalu. Tahun ini suasana berbeda karena Acoy sudah bisa berkurban sendiri berkat seorang dermawan yang menyumbang kepadanya."Bagaimana nggak bahagia, selain saya berkurban kambing sehingga semua warga dapat daging, kami juga dapat sembako. Isinya beras, minyak goreng, dan bumbu masak seperti kecap merica. Bahkan cabai dan bawang juga dikasih," paparnya.

Reporter : Muhammad Hasit
Sumber: Cerita Motivasi & Inspirasi

0 Response to "Cerita Orang Miskin di Kebon Jeruk, Daging Kurban ditukar Beras"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel