Puasa = Sehat Lahir Bathin

Puasa, Sehat, Cerita, Motivasi, Inspirasi, Renungan

Selamat menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan bagi umat Islam yang akan menjalankan puasa mulai hari ini. Puasa wajib bagi umat Islam ini akan dimulai 1 Ramadhan 1437 H atau 6 Juni 2016. Dalam ajaran Islam, puasa dilakukan sejak terbit fajar (sekitar jam setengah lima pagi) hingga matahari terbenam (sekitar jam enam sore)—atau kira-kira 13,5 jam setiap harinya—yang dilakukan sebulan penuh selama bulan Ramadhan.

Lamanya waktu puasa ini merupakan bentuk ujian fisik, mental, sekaligus ujian rohani/spiritual. Puasa tak sekadar berjuang untuk tidak makan dan minum selama seharian, tetapi puasa juga merupakan perjuangan spiritual yang bermakna luhur. Di dalamnya ditandai dengan peningkatan jumlah ibadah dan kekhusukan yang intens. Apalagi ini adalah puasa wajib sehingga nilai spiritualnya jadi luar biasa.

Ibadah Puasa

Sebenarnya puasa tidak hanya dikenal di agama Islam, agama lain pun mengenal ibadah puasa. Tentunya dengan waktu dan cara yang berbeda-beda sesuai ajarannya masing-masing.
Menurut sejumlah literatur, ritual puasa sudah dikenal sejak dahulu kala. Bahkan disebutkan bahwa puasa tidak sekadar merupakan bentuk kepatuhan seorang hamba terhadap Tuhannya, puasa juga sudah dianggap salah satu bentuk pengobatan.
Ternyata sekarang banyak ahli di Barat yang penasaran terhadap rahasia kesehatan di balik puasa ini. Mereka mengkajinya melalui ilmu kesehatan/kedokteran.

Dari hasil penelitian itu ditemukan bahwa puasa merupakan proses pembersihan organ tubuh dan juga penghilangan zat-zat racun dari dalam tubuh. Dengan puasa organ-organ tubuh jadi punya waktu untuk beristirahat. Dalam keadaan istirahat tubuh akan mengganti sel-sel yang telah rusak. Tubuh juga jadi punya kesempatan untuk memperbaiki fungsi hormon sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar.

Penemuan-penemuan lain menyebutkan, beberapa penyakit bisa disembuhkan dengan cara berpuasa. Bahkan ditemukan pula kalau puasa sehari penuh itu tidak akan membuat tubuh ambruk (asal kondisi tubuh sedang fit) karena tubuh manusia bisa tahan tidak makan sampai lebih dari seminggu. Sedangkan tanpa minum tubuh manusia bisa tahan sampai 3 hari.
Itulah keluarbiasaan tubuh manusia. Selamat berpuasa bagi semua sahabat menjalankannya. Semoga bisa menjalankan puasa sebaik-baiknya, lancar dan penuh berkah. Jadilah seorang "pemenang" di hari nan fitri.

Sumber: ww.andriewongso.com/selamat-berpuasa-ramadhan-1437-h/…

0 Response to "Puasa = Sehat Lahir Bathin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel