Cukup 1 Jam Jalan Kaki untuk Menangkal Efek Buruk Terlalu Banyak Duduk

Jalan Kaki, Penyakit Kronis Akibat Duduk, Cerita, Motivasi, Inspirasi, Renungan

Kurang gerak karena seharian harus bekerja di depan komputer memang tidak sehat. Luangkan waktu 1 jam/hari untuk berjalan kaki jika tidak ingin merasakan dampak buruknya.

Sebuah penelitian di jurnal The Lancet menyebut jalan kaki dengan tergesa-gesa atau brisk walk bisa mengimbangi dampak buruk dari gaya hidup kurang gerak.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan membagi sejumlah partisipan menjadi 4 kelompok berdasarkan aktivitas fisiknya. Kelompok paling tidak aktif hanya bergerak kurang dari 5 menit/hari, dan yang paling aktif bergerak 60-75 menit/hari.

Hasil pengamatan menunjukkan, partisipan yang duduk 8 jam/hari tapi aktivitas fisiknya paling tinggi, memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami penyakit kronis dibandingkan partisipan yang lebih sedikit duduk tetapi paling jarang bergerak.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan risiko mati muda akibat duduk terlalu lama berkurang pada partisipan yang melakukan sedikitnya 1 jam aktivitas fisik setiap hari. Demikian dikutip dari NYdailynews, Kamis (28/7/206).

Walau demikian, duduk terlalu lama tetap tidak dianjurkan. Jika memang tuntutan pekerjaan mengharuskan untuk demikian, luangkan waktu sejenak tiap 1-2 jam untuk beranjak dari meja kerja. Berjalan ke toilet atau mengambil minum di pantry bisa sedikit memangkas durasi duduk agar tidak terlalu lama.

Sumber: detikHealth

0 Response to "Cukup 1 Jam Jalan Kaki untuk Menangkal Efek Buruk Terlalu Banyak Duduk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel