Saling Bermaafan Mendekati Bulan Puasa

Bermaafan, Puasa, Ramadhan, Cerita, Motivasi, Maaf, Inspirasi, Renungan

Indonesia menyambut datangnya bulan Ramadhan yakni bermaaf-maafan. Hal ini dilakukan baik secara langsung atau melalui media sosial dan lainnya.

Nah, apakah hukum bermaaf-mafan sebelum memasuki bulan Ramadhan?

Sepanjang apa yang kami ketahui, sampai saat ini -wallahu a'lam- kami masih belum menemukan nash hadits yangmenyebutkan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan atau mencontohkan kita untuk saling bermaafan, khususnya pada saat menjelang masuknya bulan Ramadhan.

Akan tetapi perintah saling bermaaf-maafan banyak terdapat di dalam Al. Quran, agar menjadi manusia yang taqwa

firman Allah SWT berikut ini:

Maka ma'afkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.(QS. Al-Baqarah: 109)

Demikian juga di dalam ayat lain disebutkan bahwa memaafkan orang lain adalah sifat orang bertaqwa. Sementara tujuan kita berpuasa adalah juga agar kita menjadi orang yang bertaqwa.

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, yaitu orang-orang yang menafkahkan, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.(QS. Ali Imran: 132-133)

Di dalam ayat lain, disebutkan bahwa memaafkan kesalahan orang lain itu mendekatkan kita kepada sifat taqwa. Dan taqwa adalah tujuan dari kita berpuasa.

Sumber: Cerita Motivasi & Inspirasi

0 Response to "Saling Bermaafan Mendekati Bulan Puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel